Harga Gula Tak Akan Turun Ke Level Terendah

17.50 by
Harga Gula Tak Akan Turun Ke Level TerendahHarga gula tidak akan turun kembali ke level terendahnya di akhir 2008. Ini disebabkan karena produksi gula tahun ini akan sedikit mengalami penurunan, ditambah lagi dengan kenaikan harga gula internasional

"Harga gula tidak akan turun kembali seperti tahun 2008 sampai awal tahun 2009. Memang grafiknya naik walaupun akan turun sedikit pada musim giling tapi tidak akan mencapai harga pada tahun itu," ujar Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi saat ditemui di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta.

Menurut Bayu, pada Maret mendatang harga gula mulai turun karena beberapa daerah penghasil gula di Indonesia memasukkan pasokan gula ke pasar.

"Maret gula dari Lampung sudah masuk pasar. Kalau yang di Sumatera lain masuk pasar akhir Maret atau awal April," ungkapnya.

Mengenai gula 'rembesan' dari Malaysia ke Indonesia yang berkurang sejak dihentikannya subsidi gula di negara tersebut, Bayu menyatakan kontribusi gula itu sangat sedikit bagi pasokan gula di Indonesia karena hanya menjangkau kawasan Kalimantan sekitar Malaysia.

"Faktor gula selundupan itu, sangat tidak besar pengaruhnya bagi pasokan gula Indonesia. Sangat tidak besar," tegas Bayu.

0 komentar: