Istana Sikapi Penundaan Kedatangan Obama Pukul 09.00 WIB

06.39 by
Istana Kepresidenan langsung bersikap atas penundaan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia dan Australia. Lewat Juru Bicara Presiden Bidang Luar Negeri Dino Patti Djalal, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memberi tanggapan soal penundaan yang kedua kalinya ini.

"Pukul 09.00 WIB di Kantor Presiden Jubir Bidang Hubungan Internasional Bapak Dino Patti Djalal akan menyampaikan keterangan pers," demikian informasi dari Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan.

Presiden Barack Obama melalui Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengumumkan penundaan kunjungan ke Indonesia dan Australia hingga Juni mendatang. "Presiden Obama sangat menyesal dengan penundaan ini," kata Gibbs.

Gibs mengatakan, Obama telah memberi tahu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Perdana Menteri Kevin Rudd. Kedua kepala negara ini menurut Gibbs telah memahami betapa pentingnya UU Kesehatan yang sedang diperjuangkan oleh Obama.

Rencana kunjungan Obama ini mendapatkan kritikan tajam dari sesama politisi dari Partai Demokrat. Obama dikhawatirkan akan absen dalam voting soal RUU Reformasi Kesehatan yang rencananya akan berlangsung pada Minggu sore, jika tetap melakukan kunjungan ke Indonesia. Padahal, masalah kesehatan menjadi janji Obama dalam kampanye 2009 lalu. Dan akhirnya, Obama menunda kunjungan tersebut hingga Juni 2010.

0 komentar: