Sering Dikriminalisasi Akibat Kebijakan, Bupati Mengeluh ke SBY

10.17 by
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat keluhan dari para bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Apkasi). Mereka mengeluh lantaran kebijakan daerah banyak yang dikriminalisasikan.

"Persoalan ini sengaja kami angkat kembali, sebab sebagian besar bupati masih mengeluhkan terjadinya praktek-praktek penegakan hukum yang tidak sesuai dengan semangat otonomi daerah," kata Ketua Apkasi, Sujono.

Hal tersebut dia sampaikan di hadapan Presiden SBY saat pembukaan Rakernas Apkasi yang berlangsung di pendopo Kabupaten Madiun.

Sujono yang juga Bupati Pacitan ini menjelaskan, sebenarnya upaya Apkasi memperjuangkan masalah ini selama ini telah membawa hasil. Misalnya telah terjadi kesepahaman antara kepolisian, kejaksaan dan BPKP tentang aturan main pemeriksaan pejabat publik. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih pemeriksaan.

"Sayangnya MoU tersebut berlaku di tingkat nasional saja. Sedangkan di daerah belum terlaksana sebagaimana mestinya," keluh Sujono.

Rakernas Apkasi ini juga membahas berbagai isu seputar otonomi daerah, pemekaran wilayah dan sebagainya.

Acara pembukaan Apkasi selain dihadiri oleh Presiden SBY juga dihadiri oleh para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di antara Menteri Perhutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Suswono dan sejumlah pejabat terkait.

0 komentar: