Obama Mau Datang, Penggusuran Makam Mbah Priok Ditunda

13.36 by
Barack ObamaAda hubungan apa antara Presiden AS Barack Obama dan Mbah Priok? Yang jelas, makam keramat Mbah Priok batal digusur karena Obama mau datang ke Indonesia. Kok bisa?

Rupanya hal ini terkait dengan aksi demonstrasi yang biasa menjadi ekses dari penggusuran di Jakarta. Nah, tentunya Pemprov DKI Jakarta tidak mau ada aksi massa yang tidak perlu, apalagi menjelang kedatangan Obama.

Walhasil, Musyawarah Pimpinan daerah (Muspida) DKI Jakarta memutuskan agar Pemprov DKI tidak melakukan penggusuran menjelang kedatangan Obama. Makam Mbah Priok, alias Habib Hasan Al Haddad di Koja, Jakarta Utara, batal digusur minggu ini.

"Ada perintah dari Muspida sebelum kedatangan Obama semua dilarang melakukan pembongkaran atau penggusuran dulu," ujar Walikota Jakarta Utara
Bambang Sugiono.

Menurut Bambang, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi adanya gesekan-gesekan yang biasa terjadi dalam setiap penggusuran. "Kita tentu tidak ingin adanya gejolak di masyarakat. Pembongkaran biasanya ada protes dari masyarakat," tambah Bambang.

Bambang menjelaskan ada persepsi yang salah soal penggusuran makam Mbah Priok yang memang ada di dalam area Terminal Peti Kemas Tanjung Priok. Pemkot Jakarta Utara hanya ingin membongkar gapura makam. Namun area makam justru akan diperluas.

"Kita hanya bongkar Gapura, sedangkan makam Mbah Priok kita akan perluas dari 20 meter menjadi 100 meter persegi," pungkasnya.

Mbah Priok atau Habib Hasan Al Haddad adalah penyebar Islam di Jakarta Utara pada abad ke 18. Pria yang wafat pada tahun 1765 ini terkait erat dengan sejarah Jakarta. Namanya menjadi asal penamaan Tanjung Priok yang kita kenal sekarang.

0 komentar: