KPK Lamban? PKS Mulai Tebar Ancaman

13.54 by
KPK Lamban? PKS Mulai Tebar AncamanKinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai lamban dalam penanganan kasus Bank Century. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta.

Anis yang juga Wakil Ketua DPR menegaskan, jika ke depannya kinerja KPK tak menunjukkan kemajuan dalam menangani kasus ini, PKS menyatakan tak segan untuk mendorong penggunaan hak menyatakan pendapat.

"Saya tidak tahu apa sebabnya, tetapi kami melihat KPK lamban jika dibandingkan dengan penanganan kasus lain. Apa pun sebabnya, kami menangkap adanya kelambanan kasus ini. Kami akan mendorong hak menyatakan pendapat jika kinerja KPK tidak menunjukkan progres," ujar Anis.

Dia menganggap rekomendasi akhir DPR terhadap kasus Bank Century telah mengalihkan kelanjutan proses dari ranah politik ke ranah hukum. "Kalau KPK menjalankan rekomendasi kasus ini dengan baik, tidak perlu hak menyatakan pendapat," ungkapnya.

Meskipun ranah DPR dan KPK berbeda, Anis mengungkapkan bahwa proses yang dilakukan KPK dan Pansus Angket Kasus Bank Century DPR tak jauh berbeda. "Saksi yang diperiksa KPK sama, dokumen sama. Yang beda, cara rekonstruksinya. Tapi, rekonstruksi politik DPR menyerupai rekonstruksi hukum di KPK," kata Anis.

0 komentar: