Lobi Akhir Pansus, PKS & Golkar Malu-Malu Mau

08.09 by
Lobi Akhir Pansus, PKS & Golkar Malu-Malu MauMasih ada waktu melakukan lobi politik sebelum Pansus Hak Angket Bank Century DPR membacakan kesimpulan akhir nanti malam.
Partai Demokrat masih gencar melobi, sementara Partai Golkar dan PKS dianggap masih membuka peluang. Kedua partai masih ingin melihat apa yang ditawarkan Partai Demokrat.

Demikian penilaian pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia Burhanudin Muhtadi.

Buktinya, kata Burhan, partai-partai itu tidak memaksakan diri untuk tetap menjadwalkan penyampaian pandangan akhir fraksi. “Artinya lobi yang dilakukan Partai Demokrat tidak bertepuk sebelah tangan,” kata Burhan.

Dosen Universitas Paramadina ini berpendapat, masih ada kemungkinan PKS dan Golkar melunak jika tawaran yang diberikan sangat menggiurkan. Kendati sangat sulit mengingat PKS dan Golkar selama ini selalu sesumbar di media.

“PKS dan Golkar sudah terlanjur berkoar-koar, mereka akan sebut nama, mereka akan konsisten,” tambah Burhan.

Karena itu, kondisi ini akan menjadi pertaruhan politik bagi dua partai tersebut. “Kalau mereka berubah, publik akan melihat bahwa mereka berhasil dipengaruhi, saya rasa masyarakat akan sangat jeli,” ungkap dia.

Sebagaimana diketahui, penyampaian pandangan akhir fraksi sedianya akan disampaikan tadi malam. Namun agenda itu ditunda hingga nanti malam dengan alasan partai-partai masih membutuhkan kajian mendalam.

Sejumlah pihak mensinyalir penundaan ini karena lobi antar fraksi masih alot. Presiden yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat juga turun langsung dengan mengumpulkan petinggi mitra koalisinya, meski belakangan urung dilaksanakan.

0 komentar: