Awas! Fraksi Beda Sikap Bisa Dapat Sanksi Sosial

17.51 by
Fraksi Beda Sikap Bisa Dapat Sanksi SosialPandangan akhir dan rekomendasi fraksi-fraksi terkait pemeriksaan Pansus Angket Kasus Bank Century akan disampaikan pada Selasa (23/2/2010). Pandangan akhir ini merupakan kesimpulan setelah fraksi menyampaikan dua pandangannya terkait merger, pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek, serta bail out dan aliran dana Bank Century.

Ketua Pansus Angket Kasus Bank Century Idrus Marham mengungkapkan, fraksi-fraksi bebas menentukan sikapnya, apakah sama atau berbeda dengan pandangan sebelumnya. Hanya, jika fraksi memilih mengubah pandangan, maka akan ada sanksi yang diterima dan berimplikasi pada citra partai.

"Tidak ada larangan untuk berbeda. Hanya, akan dapat sanksi sosial dari masyarakat. Pemeriksaan Pansus sudah sangat terbuka. Masyarakat sudah tahu semuanya," kata Idrus di Gedung DPR, Jakarta.

Idrus yang juga Sekjen Partai Golkar mengatakan, fraksinya akan konsisten pada pandangan awalnya dan tidak akan berubah pada kesimpulan akhir. "Pandangan dan kesimpulan kami sesuai fakta dan data. Menurut Golkar, kalau ada yang mengambil kesimpulan beda dengan fakta dan data, partai itu akan terdegradasi," ujarnya.

Mengenai lobi-lobi dan kabar adanya kesepakatan tertulis antarfraksi mengenai kesimpulan Pansus Century, Idrus membantahnya. "Lobi-lobi apa, tidak ada. Sejak awal sudah dikatakan bahwa ketika di Pansus semuanya adalah Fraksi Pansus dan kami berpijak pada data dan fakta yang ada," kata Idrus.

0 komentar: