Tes HIV Melonjak Usai Pengakuan Wanita Tulari HIV ke 500 Orang

10.36 by
HIV AIDSSeorang wanita muda telah menghebohkan kota Detroit, Michigan Amerika pasca pengakuannya bahwa ia telah menularkan virus HIV AIDS ke 500 orang.

Kontan pada akhir pekan lalu, orang-orang di wilayah itu berbondong-bondong memeriksakan diri untuk tes HIV AIDS karena khawatir menjadi salah satu yang tertular.

"Video yang dirilis pada hari Jumat (15/1/2010) telah menimbulkan ketakutan di Detroit. Jumlah orang yang datang ke laboratorium untuk tes HIV meningkat lebih dari dua kali lipat pada hari itu dibanding normalnya,".

Seorang wanita muda tampil selama 11 menit dalam video online yang di-posting di mediatakeout.com. Dengan mengenakan bandana yang menutup mulut dan hidungnya, dia mengatakan dirinya telah tertular HIV sejak 1998 dan menjadi menderita karenanya.

Dia juga mengatakan akan menyebarkan penyakit itu untuk menghancurkan dunia. Dia mengaku sangat marah dan telah menularkan penyakitnya ke 500 orang.

Polisi akhirnya langsung melakukan pemeriksaan dan mengetahui identitas sang wanita yang ternyata bernama Jackie Braxton (23 tahun). Braxton pun akhirnya diminta dengan sukarela untuk melakukan pemeriksaan HIV dan ternyata hasilnya negatif.

Braxton mengatakan kepada Detroit News bahwa ia memang tidak punya AIDS atau HIV dan video yang di-posting dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kesadaran HIV AIDS. "Aku membuat rekaman karena saya ingin meningkatkan kesadaran tentang AIDS," katanya.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) saat ini masih menjadi penyakit yang mengerikan karena belum ada obat yang bisa menyembuhkannya. Umumnya orang tidak menyadari terkena HIV karena meski di tubuhnya sudah ada virus itu mereka tetap tampak sehat selama 5-10 tahun atau tergantung daya tahan tubuhnya.

HIV menyerang sel darah putih (sel CD4) dan mengakibatkan rusaknya sistem kekebalan tubuh. Hilangnya atau berkurangnya daya tahan tubuh membuat si penderita mudah sekali terjangkit berbagai macam penyakit termasuk penyakit ringan sekalipun.

Sementara AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah penyakit yang ditimbulkan sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia. Lamanya perkembangan infeksi HIV menjadi AIDS ialah 9-10 tahun dan rata-rata waktu hidup setelah mengalami AIDS hanya sekitar 9,2 bulan.

HIV menular melalui hubungan kelamin dan hubungan seks oral atau melalui anus, transfusi darah, penggunaan bersama jarum terkontaminasi melalui injeksi obat dan dalam perawatan kesehatan, dan antara ibu dan bayinya selama masa hamil, kelahiran dan masa menyusui.

Gejala-gejala pengidap HIV adalah:

1. Berat badan menurun lebih dari 10% dalam 1 bulan
2. Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan
3. Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan
4. Penurunan kesadaran dan gangguan neurologis
5. Demensia/HIV ensefalopati

0 komentar: