Terganjal Pesawat, Deplu Belum Pastikan Kepulangan 3 WNI Asal Bali

14.40 by
Gempa HaitiDepartemen Luar Negeri (Deplu) belum bisa memastikan kepulangan 3 warga negara Indonesia (WNI) asal Bali yang selamat akibat gempa di Haiti. Tidak ada pesawat komersial yang bisa membawa perempuan yang bekerja di Hotel Karibi itu.

"Belum ada semacam kepastian sampai saat ini (kepulangan 3 perempuan asal Bali). Faktanya pesawat komersial tidak bisa masuk ke sana," ujar jubir Deplu Teuku Faizasyah.

Menurut Faiz, keadaan di Haiti masih darurat. Pesawat yang bisa masuk ke Haiti hanya pesawat bantuan. "Pesawat bantuan pun hanya bisa ngedrop bantuan saja," imbuh Faiz.

Deplu, lanjut Faiz, akan menunggu kabar terkait situasi di Haiti dari tim relawan Indonesia yang akan berangkat pada Senin (18/1/2010) mendatang. "Tim akan berangkat dengan pesawat carteran. Tadinya berangkat Jumat kemarin, tapi akhirnya menjadi Senin," kata Faiz.

Faiz mengaku belum mengetahui permintaan keluarga untuk segera memulangkan sanak keluarganya yang selamat dari gempa Haiti, ke Bali. Meski demikian, Faiz mengaku siap membantu pemulangan mereka.

"Kita siap untuk membantu. Tentunya dengan izin majikan di tempat mereka bekerja," demikian Faiz.

Tiga orang WNI asal Bali yang selamat diantara ratusan ribu korban meninggal gempa Haiti, yaitu Ni Luh Made Juini, Ni Ketut Yasri Astiti dan I Gusti Ayu Putu Sukerti.

0 komentar: