Garda Bangsa Protes Gus Dur Disamakan dengan Ruhut

14.55 by
Gus Dur Pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Ahmad Mubarok yang menyebut gaya Ruhut Sitompul mirip mendiang Gus Dur menuai protes.

Menurut orang dekat Gus Dur, Bambang Susanto, KH Abdurrahman Wahid tidak tepat jika dibandingkan dengan Ruhut Sitompul. Pasalnya, Gus Dur adalah tokoh nasional yang telah mendidikasikan seluruh hidupnya untuk kepentingan bangsa dan negara, tanpa pamrih.

“Sejumlah gelar kehormatan baik dari dalam dan luar negeri telah diterima Gus Dur, ini menunjukkan pengakuan publik terhadap beliau,” ujar Ketua DKN Garda Bangsa, Bambang.

Sedangkan mengenai gaya berpolitik, Gus Dur selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara ketimbang kepentingan pribadi dan golongan. “Hal ini kami anggap menyedihkan jika disamakan dengan gaya politik Ruhut Sitompul,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang menyebutkan, pernyataan Ahmad Mubarok sungguh merendahkan dan cenderung menghina peran Gus Dur di tengah-tengah usulan dari berbagai kalangan agar KH Abdurrahman Wahid dijadikan Pahlawan Nasional.

Seperti diketahui, Ahmad Mubarok pagi tadi menyebut gaya Ruhut yang ceplas-ceplos mirip dengan Gus Dur. Apa yang dilakukan Ruhut bukanlah representasi Partai Demokrat. Bahkan publik sudah mulai menilai bahwa perilaku Ruhut sebagai sikap pribadi, bukan sikap kelompok atau organisasi tertentu.

Sikap semacam ini, menurut Mubarok, mirip dengan perilaku Gus Dur yang tidak bisa diasosiasikan ke PKB atau NU. Apa yang dilakukan Gus Dur banyak dinilai publik sebagai sikap pribadi. “Wong Ruhut saja kok repot, Ruhut, ya Ruhut,” ujar Mubarok.

0 komentar: