Foto Rekaan Osama Bin Laden Gunakan Wajah Politisi Spanyol

16.05 by
Osama Bin LadenRekaan wajah Osama Bin Laden yang pada pekan lalu oleh pemerintah Amerika Serikat, ternyata dibuat berdasarkan wajah seorang anggota Parlemen Spanyol.

Gaspar Llamazares terkejut melihat foto rekaan Osama Bin Laden yang kini berusia 52 tahun, ternyata dibuat atas foto dirinya. Menurut politisi kelompok kiri Spanyol tersebut, FBI diperkirakan mengambil fotonya melalui internet yang kemudian direkayasa menjadi perkiraan wajah Osama Bin Laden saat ini.

Pada foto tersebut, bahkan ditulis hadiah atas info Bin Laden senilai USD25 juta atau sekira Rp230,8 miliar (Rp9.225 per dolar).

"Saya terkejut dan marah dengan cara Amerika menggunakan foto orang sesungguhnya untuk dijadikan dasar rekaan wajah seorang teroris," ucap Llamazares.

Keluarnya foto rekaan ini membuat Llmazares merasa tidak aman untuk melakukan perjalanan ke Negeri Paman Sam tersebut. Politisi Spanyol tersebut berencana untuk meminta keterangan kepada Pemerintah AS secara langsung dan dirinya berencana akan mengambil langkah hukum atas kecerobohan pihak FBI ini.

Sementara Pihak FBI melalui juru bicaranya Ken Hoffman menyatakan, pihaknya memang mengambil foto Llmazares melalui Google Images. FBI mengakui kemiripan foto tersebut dengan Osama Bin Laden, sambil berdalih jika pihaknya tidak bisa mendapatkan contoh foto yang bisa dijadikan referensi untuk mereka wajah Osama Bin Laden saat ini.

Atas kesalahan ini FBI berencana untuk mencabut foto Bin Laden yang mirip dengan Llamazares tersebut dari website daftar pencarian orang FBI.

Kecerobohan FBI ini menambah panjang daftar kesalahan pihak berwenang AS khususnya mengenai terorisme, setelah pada 25 Desember lalu pihak intelijen AS gagal mencegah ancaman serangan pengeboman atas pesawat Northwest Airlines.

0 komentar: