Kepala Staf Gedung Putih Obama Resmi Berhenti

11.03 by
Kepala Staf Gedung Putih Obama Resmi BerhentiKepala Staf Gedung Putih yang juga orang kepercayaan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, resmi mundur dari jabatannya hari ini. Rahm Emanuel memutuskan mundur dari jabatannya untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Chicago.

Langkah yang diambil Emanuel tersebut memang sudah tercium oleh banyak kalangan, khususnya media di Amerika. Keengganan Walikota Chicago saat ini Richard Daley untuk mencalonkan kembali, makin menguatkan keinginan Emanuel untuk keluar dari kalangan dekat Presiden Obama.

Emanuel memang sering menyatakan menjadi Walikota Chicago merupakan cita-citanya sejak dulu. Namun ia diperkirakan tidak akan langsung mengumumkan pencalonannya tersebut. Jeda ini diambil untuk mengumpulkan pendukungnya sebelum pengumuman pencalonannya sebagai Walikota Chicago.

Kandidat untuk Walikota Chicago diharuskan untuk mengumpulkan 12.500 tanda tangan sebelum 22 November mendatang. Pemilu primary di Chicago pada 22 Februari mendatang diperkirakan akan sangat sulit dimenangkan, mengingat banyak dari kubu Demokrat sendiri yang mencalonkan diri sebagai kandidat.

Deputi Kepala Staf Gedung Putih Pete Rouse diperkirakan menjadi pilihan favorit menggantikan Emanuel untuk sementara. Sementara Presiden Obama sendiri masih membutuhkan waktu untuk mencari pengganti permanen dari Emanuel.

0 komentar: