Jhon Hendrik Ginting dan Junaidi Lolos ke Final

21.00 by
Jhon Hendrik Ginting dan Junaidi Lolos ke FinalPesanshou Indonesia, Jhon Hendrik Ginting menangkap kaki Tan Jia Guan dari Malaysia saat melancarkan serangan kearahnya pada semifinal The 2nd Indonesia Sanshou Championship 2010.

Pesanshou Indonesia asal Tanah Karo Sumut Jhon Hendrik Ginting tampil gemilang, lolos ke babak final The 2nd Indonesia Sanshou Championship 2010. Jhon yang bertanding di Kelas 56 Kg, lolos ke final setelah menang telak 2-0 atas pesanshou Malaysia Tan Jia Guan.

Kemenangan Jhon yang turun di partai kelima cukup melegakan ratusan penonton yang memenuhi Ball Room Hotel JW Marriot, termasuk Deputi Peningkatan Prestasi dan IPTEK Kantor Menpora Tunas Dwidharto, Ketua Binpres KONI Pusat Prof Mulyana MPd, Ketua PB WI Master Supandi Kusuma, Bapak Wushu Indonesia sekaligus Panpel Invitasi IGK Manila, Ketua Komisi E DPRD Sumut Brilian Moktar, Ketua KONI Sumut H Gus Irawan Pasaribu SE Ak, Ketua KONI Medan Drs Zulhifzi Lubis.

Ini karena, tiga pesanshou Indonesia yang turun di partai kedua (Maria Manalu, Kelas 60 Kg putri), Gunawan (Kelas 52 Kg Putra) dan Syaiful (Kelas 56 Kg Putra), menelan kekalahan dari lawan-lawannya.

Meski tampil untuk pertama kalinya melawan pesanshou asing, namun Jhon tampil penuh percaya diri. Atlet PPI Sumut ini bahkan berhasil memperlihatkan taktik bagus, baik menahan tendangan lawan dan melakukan jatuhan maupun melakukan bantingan. Primanya penampilan Jhon membuat Tan Jia Guan sulit mengembangkan permainan. Pesanshou Indonesia pun dinyatakan menang 2-0.

Di final, Jhon yang juga mahasiswa Semester VIII Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Medan (FIK Unimed) akan melawan pewushu asal Vietnam Ban Van Trong yang mengalahkan pesanshou Indonesia Syaiful. ”Terimakasih pak, doakan saya bisa menang lagi , ” kata John saat mendapat ucapan selamat dari PR II Unimed Drs Chairul Azmi Hutasuhut yang hadir di invitasi kemarin.

Selain Jhon, Indonesia juga meloloskan satu pesanshounya yakni Junaidi (Kelas 60 Kg putra) yang mengalahkan rekan atlet Merah Putih lainnya Yusac C. Junaidi yang dipersiapkan ke Asian Games, sempat mendapat perlawanan ketat dari Yusac meski akhirnya ia menang 2-1.

Sebelumnya atlet Pelatnas Asian Games Moria Manalu yang turun dikelas 60 kg putri harus mengakui keunggulan Bai Jing asal China . Andalan Indonesia di kelas 52 kg, Gunawan harus tunduk kepada Zhang Xueliang asal China.Sedangkan, dikelas 56 kg putri, atlet China Yu Shuxin menang mudah dari Douachay Thalengliep asal Laos .

Satu Gelar Juara

Ketua Umum PB WI Master Supandi Kusuma ketika ditanya tentang penampilan atlet-atlet Indonesia menyebutkan tidak mengecewakan. Menurut penyandang gelar DAN VIII Internasional ini, pesanshou-pesanshou Merah Putih memperlihatkan nyali dan semangat bertanding cukup baik. Hanya saja, tehnik serta kekuatan dan kecepatan bagian kaki masih perlu dibenahi.

“Tehnik atlet kita memang masih kalah jauh dibanding pesanshou China. Demikian pula dengan kekuatan dan kecepatan kakinya,” ujar Master Supandi Kusuma. Namun, tambahnya, Indonesia tetap berpeluangmerebut gelar juara. “Minimal satu gelar juara bisa kita raih,” kata Master Supandi Kusuma.

0 komentar: