Inilah Tiga Petarung Unggulan pada Kongres Demokrat

08.54 by
Kendati Kongres II Partai Demokrat baru dilangsungkan dua bulan mendatang, sejumlah politikus telah meramaikan bursa calon ketua umum partai pemenang Pemilu 2009 tersebut.

Sebut saja Ketua DPP Andi Mallarangeng yang juga Menneg Pemuda dan Olahraga, Ketua DPP Anas Urbaningrum yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Ketua DPR Marzuki Alie, Menteri UKM dan Koperasi Syarif Hasan, serta para kader lainnya seperti Agus Hermanto, Hayono Isman, dan Djafar Hafsah.

Kini, orang-orang yang namanya disebutkan di atas diperkirakan tengah melakukan konsolidasi dengan jajaran pengurus DPC dan DPP Partai Demokrat se-Indonesia. Lantas, siapakah petarung unggulan yang akan berlaga pada ajang pemilihan ketuk umum Partai Demokrat?

Peneliti LSI Burhanuddin Muhtadi memperkirakan, setidaknya ada tiga petarung yang akan memperebutkan posisi PD 1 pada Kongres mendatang di Bandung, Jawa Barat. Mereka adalah Anas Urbaningrum, Marzuki Alie, dan Andi Mallarangeng.

"Anas mewakili karakter SBY yang santun, intelektual, dan memiliki artikulasi yang baik," ujar Burhanuddin.

Ditambahkannya, Anas merupakan kader partai yang kerap turun ke bawah menemui pengurus DPC dan DPP. Sementara itu, Marzuki Alie dinilai memiliki tingkat polularitas yang tinggi karena posisinya sebagai ketua DPR, yang secara konstitusi sejajar dengan SBY. Hal ini, kata Burhanuddin, membuatnya lebih dikenal dibandingkan calon besar lainnya.

Kemudian Andi Mallarangeng, yang namanya sempat berkibar ketika menjabat sebagai juru bicara kepresidenan, juga dinilai sebagai sosok intelektual. "Andi salah seorang yang pernah menikmati berkah SBY," kata Burhanuddin.

Namun, Burhanuddin mengatakan, Syarif Hassan, tokoh lama di PD, bisa berpeluang menjadi kuda hitam di arena perebutan kursi pucuk pimpinan tersebut. "Syarif memang sudah senior dari sisi usia. Tapi, saat menjadi ketua fraksi Partai Demokrat di DPR, Syarif sukses membangun komunikasi politik dengan partai politik mitra koalisi. Syarif bisa menjual kemampuan ini," ujarnya.

Pada Minggu malam tadi, Andi mendahului rekan-rekannya mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai ketua umum PD. "Saya akan berusaha memberikan yang terbaik, mengabdi, serta mendedikasikan segenap tenaga dan pikiran bagi kemajuan partai," ujar Andi di hadapan para peserta dan undangan.

Marzuki dijadwalkan menyatakan kesanggupannya memimpin PD pada Senin ini di Hotel Mercure, Ancol. Sedangkan Anas dikabarkan menggelar silaturahmi dadakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam kemarin.

0 komentar: