Waduh, Jawaban UN Beredar via Ponsel

07.19 by
Kunci jawaban Ujian Nasional bocor. Para siswa di tiga sekolah di kabupaten dan Kota Bima bisa dengan leluasa mendapatkan kunci jawaban melalui SMS. Meski awalnya hanya beredar di kalangan siswa tertentu kunci jawaban yang beredar melalui SMS tersebut nyaris seratus persen benar setelah dicocokan dengan lembar soal.

Memasuki hari kedua Ujian Nasional di kabupaten dan Kota Bima, kebocoran kunci jawaban mulai terjadi di tiga sekolah unggulan di kota dan Kabupaten Bima, yakni di SMA 1 Kota Bima, SMA 1 Woha, dan SMA 1 Soromandi, Kabupaten Bima. Siswa bisa dengan leluasa mendapatkan kunci jawaban yang beredar melalui SMS.

Meski awalnya hanya beredar di hape siswa tertentu, namun SMS tersebut kini telah menyebar ke hampir seluruh siswa. Ironisnya setelah dicocokan dengan lembar soal, hampir seluruh kunci jawaban tersebut benar.

Parahnya, menyebarnya kunci jawaban ini tidak saja melalui handphone siswa, sejumlah siswa di SMA 1 Kota Bima bahkan kedapatan membawa kertas kunci jawaban yang disembunyikan di dalam topi. Namun pihak sekolah melarang media untuk melakukan peliputan dengan alasan agar psikologi siswa tidak terganggu.

Menanggapi bocornya kunci jawaban di hari kedua ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Bima Alwi Hadi justru menanggapinya dengan kelakar. Alwi mengatakan bahwa SMS tersebut memang sudah ada sejak tahun lalu.

"Itu setan! makanya baca a’udzubilahi...Memang tahun lalu juga beredar, tapi kalau di sini tidak mungkin bocor," kata Alwi Hadi, Kadis Dikpora Kota Bima.

Kini sejumlah barang bukti berupa handphone siswa yang berisi kunci jawaban beserta kertas jawabannya telah diamankan di Kantor Dinas Pendidikan setempat.Untuk menghindari timbulnya permasalahan di kalangan siswa, permasalahan ini rencananya akan diselidiki lebih lanjut oleh pihak kepolisian usai para siswa menyelesaikan ujian nasional.

0 komentar: