Satgas Mafia Hukum Panggil Susno ke Istana

07.47 by
Satgas Pemberantasan Mafia Hukum merespons pernyataan mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji yang menyebut masih banyak mafia kasus (markus) yang berkeliaran di Mabes Polri.

Dijadwalkan, satgas akan menemui Susno di kantor Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) di Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Informasi tersebut disampaikan salah seorang anggota Satgas Mafia Hukum Mas Achmad Santosa melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta. “Pukul 14.00 WIB, Satgas panggil Susno di UKP4,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada 15 Maret lalu di Yogyakarta, Susno Duadji menyatakan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum tak berani menangkap para markus yang masih berkeliaran di Mabes Polri.

Karena itu, Susno mempertanyakan komitmen tim ini dalam menangkap markus di Mabes Polri. Padahal, menurut Susno, anggota Satgas antimafia hukum ini termasuk dalam pejabat eselon 1.

Menurut dia, markus di lingkungan Mabes Polri masih bebas keluar masuk tanpa ada tindakan nyata dari kepolisian. Kondisi itu dinilai akan mempersulit polisi untuk mereformasi diri.

Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dikabarkan sempat memerintahkan anak buahnya untuk memanggil Susno terkait pernyataannya ini. Susno pun mengaku tidak gentar menghadapinya.

Bahkan dia berseloroh bahwa tindakan Kapolri merupakan sesuatu yang salah kaprah. Karena Kapolri bukanlah penyidik, demikian juga dengan tim bentukan Wakapolri dan Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum). Seharusnya, kata Susno, kasus ini ditangani KPK, Kejaksaan Agung, atau Bareskrim.

0 komentar: