Gara-gara Mirip Nama, Situs Indonesia Dituntut Sony Corp Jepang

14.01 by
Situs Sony AK Versus Sony Corp JepangGara-gara namanya mirip dengan merek global Sony, alamat domain sony-ak.com dituntut Sony Corporation Jepang. Padahal, nama domain tersebut sama sekali tidak meniru-niru Sony dan merupakan kependekan dari nama lengkap sang pemilik Sony Arianto Kurniawan, praktisi teknologi informasi di Indonesia.

Sony AK selama ini menjadikan webnya tersebut sebagai tempat berbagi pengetahuan seputar teknologi informasi yang ditekuninya. Maka dari itu, situs web tersebut pun diberi nama Sony AK Knowledge Center. "Domain saya sony-ak.com di-sue oleh Sony Corporation Japan melalui kuasa hukumnya di Indonesia. Padahal, itu saya register-kan berdasarkan nama saya sendiri dan sudah saya gunakan sejak lama untuk kepentingan murni penyebaran ilmu pengetahuan di bidang IT," ujar Sony AK saat curhat di forum online Domain100.

Tulisan yang dimuatnya di Forum Domain100 sejak Kamis (11/3/2010) itu langsung mendapat tanggapan meluas di internet. Bahkan, sudah ada yang mencanangkan kampanye di Facebook untuk membela Sony AK. Tidak sedikit pula yang menilai perusahaan Sony terlalu berlebihan sehingga berencana menggugat balik bahkan sampai memboikot produk Sony.

Pihak Sony sendiri sampai saat ini belum memberikan pernyataan resmi atas gugatan tersebut. Sony Indonesia juga tidak dapat dimintai penjelasan karena hal tersebut dilakukan kantor pusat Sony di Jepang.

0 komentar: