Taufiq Kiemas Tak Setuju Pansus Sebut Nama

17.39 by
Taufiq KiemasLain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), lain pula Taufiq Kiemas. Jika PDIP memastikan bakal menyebut nama-nama yang diduga bertanggung jawab dalam bailout Bank Century, Kiemas mengungkapkan pendapat berbeda.

“Menurut saya kalau disebutkan, (itu) hukumnya bagaimana nanti. Berarti sudah diarahkan secara hukum,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP ini sebelum memasuki ruang kerjanya di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Menurut dia, pihak-pihak yang diduga terlibat secara hukum, semestinya dibiarkan mengalir, karena hal itu bukan tugas dari Pansus.

“Biarkan saja hukum berjalan. Kalau disebutkan jadi seperti diarahkan. Misalnya Pak Taufiq begitu. Kan belum apa-apa sudah tersangka. Biarkan saja apa kata aparat hukum, karena dia yang paling berwenang,” jelas Kiemas.

Sebab, kata dia, dari data-data yang sudah ditemukan sudah jelas siapa yang bertanggung jawab. “Kan sudah tahu juga siapa yang bersalah dan siapa yang enggak, tapi jangan dari Pansus. Itu menurut pribadi saya,” kata Ketua MPR ini.

Kendati berbeda dengan PDIP, namun Kiemas menyetujui jika Pansus sebatas menyebut lembaga tanpa menyebut orang per orang.

“Serahkan siapa yang bersalah kepada parat hukum. Kan pasti kelihatan siapa-siapa. Kalau satu apakah orang atau lembaga enggak soal kan masih dirunutkan oleh aparat hukum,” pungkasnya.

0 komentar: