Khawatir Terdesak Bahasa Asing, Bahasa Belanda Dilindungi

15.48 by
BelandaPemerintah Belanda melakukan langkah perlindungan bahasa dengan memasukkannya ke dalam konstitusi. Tujuannya untuk menjamin agar bahasa Belanda tidak tersingkir oleh bahasa asing.

Rencana rancangan Undang-undang (RUU) Bahasa untuk amandemen konstitusi itu diputuskan dalam sidang kabinet dan selanjutnya akan dibawa ke Raad van State (Dewan Pertimbangan Agung, red), yang dalam tatanegara Belanda berfungsi memberi advis kepada pemerintah dan parlemen mengenai perundang-undangan dan memberi putusan hukum tertinggi dalam hal terjadi perselisihan administrasi negara.

RUU lahir sebagai kesepakatan pemerintah koalisi, yang antara lain menyepakati bahwa pemerintah bertanggung jawab memajukan penggunaan bahasa Belanda sebagai bahasa resmi negara, bahasa tulis (administrasi), bahasa kebudayaan dan bahasa pergaulan.

Dengan RUU tersebut, pemerintah Belanda ingin menjamin bahwa penggunaan bahasa Belanda tidak tersingkir oleh bahasa asing dengan semakin banyak bahasa asing digunakan di Negeri Belanda, terutama bahasa Inggris, demikian salah satu bunyi pertimbangan.

0 komentar: