IPW: Politisasi Kasus Susno Terkait Kursi Truno 1

10.29 by
Susno DuajiPolisi terkesan tidak kompak dalam menindaklanjuti kasus mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji. Hal ini dinilai sebagai bentuk politisasi perwira Polri dalam perebutan kursi Kapolri (Trunojoyo I).

Demikian disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. “Kasus Susno sengaja dipolitisasi oleh perwira Akpol angkatan 77 adik angkatannya Susno. Dan (perebutan kursi) ini sangat mungkin terjadi sebagai bentuk suksesi,” .

Sebagai mana diketahui, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD) akan pensiun Oktober mendatang. “Tapi, rumornya Februari mendatang Kapolri dan Jaksa Agung akan diganti mengingat struktur menteri mulai lengkap dengan adanya wakil menteri,” imbuh Neta.

Menurut Neta, BHD mungkin saja lengser sebelumnya masa pensiunannya. Mengingat kinerjanya yang dianggap kurang bagus.

“Kalau Kapolri tetap tidak tegas, tidak menutup kemungkinan dia (BHD) jadi Pati nonjob sebelum pensiun. Dan ini pernah terjadi saat masa Kapolri Dai Bachtiar pada saat proses pergantian Presiden Megawati ke SBY,” jelasnya.

Neta menambahkan, kondisinya sedinya sudah tercium oleh Susno sejak awal. Susno, kata dia, sudah merasa dikorbankan sejak awal kasusnya mencuat dan Polri seolah mengeroyoknya. “Karena itu dia sejak awal Susno merasa dikorbankan,” pungkasnya.

0 komentar: