Pembahasan Dana Rp15 M Lolos, Fraksi Tak Konsisten

07.20 by
Pembahasan Dana Rp15 M Lolos, Fraksi Tak KonsistenDiloloskannya pembahasan terkait dana aspirasi sebesar Rp15 miliar ke sidang paripurna oleh badan anggaran, dinilai menunjukkan ketidakonsistenan fraksi-fraksi di DPR.

Seperti diketahui beberapa fraksi, seperti PDIP, PKS, dan PAN, memprotes usulan tersebut karena tidak sesuai dengan mekanisme pembangunan daerah.

“Lintas fraksi sudah menyatakan menolak terhadap dana aspirasi. Intinya gagasan itu enggak perlu dilanjutkan kalau saja DPR konsisten dengan sikapnya. Tapi dengan pernyataan ini, kami sulit percaya kepada fraksi-fraksi yang menyatakn menolak,” ujar Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Salang.

Bahkan Sebastian menilai, lolosnya pembahasan ini merupakan akal-akala DPR untuk lebih dulu menolaknya, namun kemudian menyetujuinya.

“Hal ini dilihatnya sebagai mengakali dulu dana aspriasi sebagai dana percepatan pembangunan, tapi substansinya masih sama. Ini hanya akal-akalan DPR,” ujar Sebastian.

Meski demikian, Sebastian masih berharap usulan ini akan ditolak saat dibahas di sidang paripurna DPR. Pasalnya, jika kemudian diloloskan, maka akan berdampak merusak sistem perencanaan pembangunan dan pengelolaan uang negara.

“Sebaiknya harus ditolak oleh partai-partai. Dampaknya akan sangat nerusak banyak hal, seperti sistem perencanan pembangunan, pengelolaan uang negara, sampai mental masyarakat,” tandasnya

Selain itu, penggelontoran dana ini berpotensi memunculkan praktik korupsi. “Ini tentut saja menimbulkan korupsi yang sangat besar,” katanya.

0 komentar: