Kembali Coba Terobos Blokade Israel ; Dua Kapal Iran Siap Masuki Gaza

07.52 by
Jalur GazaSeorang pejabat Bulan Sabit Merah Iran mengatakan dua kapal Iran yang membawa bantuan kemanusiaan siap bertolak ke Gaza meski menghadapi resiko mendapat serangan militer Israel.

"Kami telah siap tapi masih menunggu izin kementerian luar negeri bagi kondisi politik, militer dan keamanan di kawasan itu," kata Mojtaba Majd, pejabat senior Bulan Sabit Merah Iran.

Secara terpisah Bulan Sabit Merah itu mengatakan kedua kapal itu, satu mengangkut bahan makanan dn obat-obatan diperkirakan akan bertolak pekan ini.

Majd mengatakan lebih dari 100.000 warga Iran telah mendaftarkan diri untuk ikut ke Gaza sebagai relawan pada kapal kedua, tetapi menambahkan hanya mereka "yang memiliki keahlian" akan dikirim ke wilayah Palestina itu.

Ia mengatakan bahwa para relawan itu, mungkin tidak akan dikirim karena kondisi-kondisi di wilayah itu, sementara menambahkan "masalah yang penting adalah rakyat Gaza tahu bahwa lebih dari 100.000 warga Iran siap datang membantu mereka."

Organisasi kemanusiaan itu mengatakan pihaknya juga akan mengirim sebuah pesawat yang mengangkut 30 ton peralatan medis ke Mesir untuk dikirim ke Gaza..

Bulan Sabit Merah Iran itu sebelumnya mengirim satu kapal yang mengangkut bantuan pangan dan obat-obatan ke Gaza Desember 2008 tetapi dilarang memasuki wilayah itu oleh angkatan laut Israel.

Keputusan Iran untuk mengirim bantuan baru itu dibuat setelah pasukan komando Israel menyerang satu armada yang mengangkut bantuan dan para akti visi pro Palestina yang menewaskan 19 orang, sembilan di antaranya warga Turki yang memicu kecaman dunia dan kalangan politik di Teheran

Permusuhan antara Iran dan Israel memburuk dibawah pemerintah Presiden Mahmoud Ahmadinejad, dengan para komandan penting Iran berulang-ulang menyatakan Teheran memiliki rudal-rudal yang dapat mencapai sasaran Israel.

Sebaliknya, Israel yang adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang diperkirakan memiliki senjata nuklir, menolak mengesampingan melakukan aksi militer terhadap Iran untuk mencegah negara itu memiliki senjata-senjata nuklir.Iran membantah memiliki ambisi seperti itu.

0 komentar: