Marzuki Alie: PD Harus Jadi Partai Kader

08.43 by
Demi kelangsungan dan kebesarannya di masa depan, Partai Demokrat (PD) harus menjadi partai kader. Tidak bergantung terus kepada figur Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sekarang menjabat Ketua Dewan Pembina PD dan juga Presiden RI.

"Ke depan PD harus jadi partai kader dengan struktur yang kuat," kata Marzuki Alie selaku bakal calon Ketum DPP PD.

Marzuki yang terlibat dalam PD sejak 2001, mengakui bahwa sukses PD di Pemilu 2004 dan 2009 amat terbantu oleh figur SBY. Boleh jadi strategi serupa masih ditempuh di Pemilu 2014, yaitu menjadikan SBY sebagai juru kampanye utama PD.

"Tapi kalau buat pilpres mungkin tidak, sebab Pak SBY kan tidak bisa mencalonkan diri lagi," imbuh pria asli Lampung ini.

Sebenarnya upaya menjadi partai kader dan tidak menggantungkan diri ke figur SBY sudah PD rintis melalui berbagai rekrutmen. Meski belum optimal, tetapi sekarang PD sudah jauh lebih kuat dan banyak kadernya menempati posisi kepemimpinan lokal dan nasional yang semua berpotensi menjadi 'amunisi' baru PD.

"Itu kan kekuatan baru yang bisa kita pakai untuk memperbaiki kelemahan internal yang ada. Pak SBY tetap kita posisikan sebagai founding father dan jadi panutan, tapi nggak mungkin PD terus bergantung ke figur beliau," ujar mantan Sekjen DPP PD itu.

0 komentar: