Mabes Klarifikasi, Susno Tenangkan Diri

06.20 by
Komjen Pol Susno Duadji enggan menanggapi bantahan Mabes Polri soal adanya markus dalam kasus pajak Rp 25 miliar. Susno lebih memilih menyendiri di sebuah tempat yang ia rahasiakan.

"Maaf HP saya Off, saya lagi menenangkan diri di suatu tempat," kata Susno.

Sebelumnya, Mabes Polri telah menggelar jumpa pers untuk membantah tudingan Susno soal adanya markus dalam penanganan kasus pajak Rp 25 milliar. Bahkan seluruh penyidik hingga dua jenderal yang disebut Susno ikut hadir mengklarifikasi.

Polri menilai, kasus kepemilikan rekening Rp 25 milliar milik oknum pegawai pajak Gayus Tambunan telah sesuai prosedur. Tidak ada pencairan dana sebesar Rp 24 milliar untuk dibagi-bagikan kepada penyidik.

Kasus ini berawal dari adanya tudingan Susno bahwa kasus tersebut mandek akibat ada markus yang 'bermain'. Susno menyatakan uang itu telah dibagi-bagikan kepada para penyidik dan beberapa jenderal di Polri. Susno juga sempat menyebut beberapa inisial penyidik tersebut. Mereka adalah Brigjen EI, Brigjen RE yang menggantikan EI, AKBP M, dan Kompol A.

Kasus ini mulai disidik sejak Maret 2009 atas laporan dari PPATK. Namun, dalam prosesnya uang yang berhasil dibuktikan hanya sebesar Rp 370 juta dan Rp 25 juta, yang merupakan transaksi dari PT. Megah Jaya Citra Garmindo dan Roberto Santonius yang merupakan konsultan pajak.

Sementara, sisanya sebesar Rp 24,6 milliar dinyatakan tidak terbukti dan penyidik membuka kembali pemblokirannya. Menurut, Wakabareskrim Mabes Polri Irjen Pol Dikdik Mulyana, duit tersebut diakui oleh seorang pengusaha garmen asal Batam yakni Andi Kosasih. Andi mengaku menitipkan uang kepada Gayus untuk membeli tanah.

Susno sebelumnya tidak hadir memenuhi undangan Propam Polri untuk dimintai keterangan terkait tudingannya tersebut. Rencananya, Polri akan memanggil kembali Susno.

0 komentar: