Selandia Baru dan Hawaii Keluarkan Peringatan Tsunami

22.31 by
Selandia Baru dan Hawaii Keluarkan Peringatan TsunamiGempa berpotensi tsunami di Chili membuat wilayah di sekitar Pasifik siaga. Selandia Baru dan Hawaii mengeluarkan peringatan tsunami yang dipicu oleh gempa 8,8 SR itu.

Selandia Baru mengeluarkan peringatan akan adanya gelombang besar melebihi tiga meter. Namun, Kementerian Pertahanan dan Manajemen Darurat Selandia Baru memperbaharui peringatan bahwa gelombang tsunami hanya akan mencapai ketinggian di atas satu meter dan diharapkan tidak membuat kehancuran.

Pusat Manajemen Krisis Nasional di Selandia Baru pun diaktifkan, dengan ramalan gelombang akan pertama kali menghantam bagian timur Kepulauan Chatham, 800 km sebelah timur daratan Selandia Baru pada 7.05 AM waktu setempat (Sabtu 1805 GMT).

"Kemungkinan ada ancaman laut sepanjang Pantai Timur, Pulau Utara dan Pulau Selatan dan Pulau Chatham," kata menteri.

Sementara di Hawaii, AS, peringatan tsunami menyatakan gelombang pertama akan menghantam pada pukul 11.19 AM waktu setempat (2119 GMT) dan diikuti serangkaian gelombang. Setiap gelombang akan bertahan lima sampai 15 menit.

"Tsunami yang telah dihasilkan dapat menyebabkan kerusakan sepanjang garis pantai di Hawaii," kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

"Aksi mendesak harus dilakukan untuk melindungi hidup dan properti," tambah Pusat Peringatan di Hawaii.

0 komentar: