Stafsus SBY Beberkan Bukti Kader PKS Terima Dana Century

22.36 by
Stafsus SBY Beberkan Bukti Kader PKS Terima Dana CenturyStaf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Andi Arief membeberkan sejumlah bukti yang menyatakan bahwa politisi PKS Muhammad Misbakhun ikut menikmati aliran dana Bank Century.

Dana tersebut diakses oleh Misbakhun dari pembuatan Letter of Credit (L/C) fiktif berkedok ekspor gandum. “Padahal tidak pernah ada ekspor gandum itu,” ujar Andi.

Andi menegaskan, alat bukti tersebut sudah diverifikasi keasliannya ke Kementrian Hukum dan HAM serta ke Kantor Kepabeanan. Di antaranya adalah berkas keterangan Misbakhun sebagai komisaris Prima Internusa 2007 yang mengajukan ekspor gandum.

Selain itu ada keganjilan dalam penerbitan L/C Bank Century milik Misbahun, yakni tanpa adanya surat gadai.

Muhammad Misbahkun merupakan salah satu inisiator Hak Angket Bank Century. Dalam setiap kesempatan, politisi PKS itu selalu bersikap kritis dalam mengungkap skandal bailout sebesar Rp6,7 triliun tersebut.

Sebelum menggelar jumpa pers, Andi sempat beberapa kali berkomunikasi dengan sejumlah tokoh nasional. Di antaranya Amien Rais dan Akbar Tanjung. Kuat dugaan, permasalahn ini menjadi salah satu materi pembicaraan.

Kesimpulan akhir Pansus Hak Angket Century sendiri akan diambil pada 3 Maret mendatang. Hingga kini mayoritas fraksi di DPR menyatakan ada pelanggaran sistemik dalam pengucuran dana talangan ke Bank Century.

0 komentar: