Mendagri: Gaji Pejabat Masih Jauh Bila Dibandingkan Direktur Swasta

17.16 by
MendagriRencana kenaikan gaji bagi para pejabat hingga 20 persen dinilai sesuatu yang wajar. Bahkan, angka itu masih jauh jika dibandingkan dengan gaji para direktur perusahaan swasta.

"Gaji saya nggak masalah mau naik mau turun. Tapi kalau kita lihat komparatif dengan beban tugas atau dengan direktur perusahaan swasta itu jauh," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, di Gedung Depdagri, Jl Medan Merdeka Utara.

Gamawan juga meminta publik melihat gaji para pejabat di daerah. Sebagai contoh, gaji bupati besarnya Rp 6,3 juta. Menurut dia, gaji itu sama saja dengan gaji seorang sopir perusahaan swasta di Jakarta. "Kalau dinaikan 20 persen apa berlebihan?" cetusnya.

Sedangkan untuk gaji gubernur, imbuh Gamawan, besarnya mencapai Rp 8,7 juta. Jika dibandingkan dengan seorang kepala cabang sebuah bank, maka besarnya masih kalah. "Atau mungkin bisa 2 kali lipatnya," lanjut mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

Namun, ia menegaskan, tidak dalam posisi mendukung atau menolak kenaikan gaji. Kebijakan itu diserahkan sepenuhnya pada Kementerian Keuangan dan pejabat lain yang berwenang,

"Ini pembahasan periode lalu, sedangkan peneriman gaji mulai tahun ini. Jadi dulu saya waktu jadi gubernur saya bebas turun naik gaji, sekarang tidak. Dimana imam rukuk, ma'mum juga rukuk," tutupnya.

0 komentar: