Darwin: TDL Tidak Naik

17.47 by
Tarif Dasar Listrik (TDL) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Z Saleh menegaskan hingga saat ini pemerintah masih memfokuskan pada peningkatan kualitas pelayanan listrik kepada masyarakat dengan meningkatkan kehandalan pasokan listrik.

"Tidak benar Tarif Dasar Listrik (TDL) akan dinaikan dalam waktu dekat ini, apalagi bila kita cermatidaya beli sebagian rakyat kita masih terbatas," ujar Menteri ESDM.
Pemerintah belum terpikir untuk menaikkan TDL, fokus pemerintah saat ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan listrik bagi masyarakat dan meningkatkan kemampuan keuangan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sehingga mampu untuk melakukan investasi.

Menurut Beliau, tidak tepat menaikkan TDL di tengah keterbatasan daya beli dari bagian terbesar kelompok masyarakat yaitu golongan tarif R1 dan R2 untu itu maka pemerintah akan terus mencermati kemampuan daya beli golongan masyarakat tersebut.

“Yang terpenting adalah memikirkan bagaimana meningkatkan subsidi pro rakyat bagi mereka, jadi TDL dan kenaikannya itu adalah satu hal yang akan kita tinjau kembali jika waktunya sudah tepat”, lanjut Beliau.

Pemerintah masih fokus pada peningkatan pelayanan dan kualitas keandalan pasokan listrik untuk masyarakat. Berbagai tahap finalisasi sejumlah pembangkit listrik baru akan diresmikan guna meningkatkan kualitas dimaksud, menyusul bertambahnya pasokan listrik sejumlah 530 megawatt (Mw) setelah PLTU Labuan Banten dan Labuan Angin diresmikan Presideng Akhir Januari ini.

"Justru saat ini pemerintah sedang merumuskan untuk semakin mempertajam program subsidi yang tepat dan semakin prorakyat," pungkasnya.

0 komentar: