Wah... Sudah 13 Bulan Lebih Belum Melahirkan Juga?

17.50 by
RagunanSebentar lagi, koleksi satwa di Taman Margasatwa Ragunan akan bertambah satu. Saat ini salah satu kuda nil tengah hamil besar. Namun, sudah menginjak bulan ke-13, kuda nil betina tersebut tak kunjung melahirkan anaknya.

Menurut Staf Promosi dan Pameran Taman Margasatwa Ragunan, normalnya masa hamil adalah 13 bulan. "Ini sudah sekitar 13 bulan lebih," kata Wahyudi saat ditemui Kompas.com di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta.
Kuda nil betina tersebut, diakui Wahyudi, dalam keadaan sehat. "Ini kita enggak tahu nih, belum lahir, baru kali ini sepanjang sejarah terlambat lahirnya," lanjutnya.

Pihak Ragunan saat ini telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut penghuni barunya. Salah satunya dengan memisahkan sang kuda nil betina tersebut dengan pejantan. "Dia sudah dipisahkan dari pejantan," kata Wahyudi.

Selain itu, kuda nil juga tidak lagi berada di tempat terbuka. "Sudah diposisikan di kandang khusus melahirkan," pungkasnya.

Kuda nil adalah salah satu jenis hewan amfibi. Kuda nil harus hidup di dalam air karena ia tidak bisa terlalu lama terkena sengatan matahari. Ia hanya sesekali mendongakkan kepalanya untuk menghirup udara.

Di dalam air, kuda nil bisa berjalan sangat cepat. Satwa yang berasal dari Sungai Nil tersebut menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung Taman Margasatwa Ragunan. Namun, pengunjung hanya dapat melihat wajah kuda nil sesekali saja karena mereka senang sekali berendam.

0 komentar: