BlackBerry dan iPhone akan 'Dikuliti'

14.31 by
BlackBerry Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang meniupnya. Istilah ini sepertinya cocok dialamatkan kepada BlackBerry dan iPhone yang menuai badai tuduhan pelanggaran paten dari vendor lain.

Tudingan tersebut salah satunya datang dari Kodak yang menganggap fitur kamera untuk preview gambar yang disematkan di iPhone dan BlackBerry mengadopsi paten teknologi yang dimiliki vendor perangkat kamera tersebut.

Tuntutan itu terus bergulir, dan kini sudah memasuki masa investigasi. US International Trade Commission (ITC) pun siap 'menguliti' perangkat besutan Apple dan Research in Motion tersebut.

Dikutip detikINET dari PC World, ITC memberi batas waktu hingga 45 hari untuk masa investigasi ini. Untuk kemudian dapat memberi putusan siapa yang bersalah.

Kodak memang begitu gigih memperjuangkan paten lisensi teknologinya ini. Bahkan, mereka sampai merekomendasikan deretan produk Apple dan RIM dilarang masuk Amerika Serikat.

Sebelumnya, Kodak juga pernah menyeret vendor teknologi lainnya -- Samsung -- ke pengadilan dengan alasan sama, yakni pelanggaran paten teknologi kamera. Hanya saja, kasus itu sudah berakhir damai pada Januari lalu dengan disepakatinya cross-licensing antar kedua perusahaan.

0 komentar: