Amien Tebak Akan Ada Kesimpulan Mengejutkan

07.54 by
Amien RaisSembilan fraksi dalam Pansus Century telah menyampaikan kesimpulan awal tahap kedua terkait Century.

Namun Partai Demokrat dan parpol mitra koalisi di DPR tidak tegas menyebut adanya penyalahgunaan kebijakan dana talangan Rp6,7 triliun ke Bank Century. Meski mengakui ada masalah dalam bailout, mereka hanya membatasi persoalan hingga di jajaran direksi Century yang kini berganti nama Bank Mutiara.

Di sela-sela acara peluncuran lembaga konsultan politik Polmark Indonesia di Menara 165, Jakarta Amien Rais pun angkat bicara. "Menurut saya memang sudah terjadi poses deal-deal yang mungkin belum bisa dipahami beberapa hari mendatang termasuk saya," ungkapnya.

Kata sesepuh PAN ini, "Memang sejak semula saya wanti-wanti bahwa pansus ini seperti pansus di zaman kemarin (DPR lalu) yang akhirnya memberikan rubber set dan stempel bagi eksekutif."

Amien mengatakan, kasus Century menjadi hebat sekali karena semua fraksi mendukung untuk dilakukan pengusutan. "Tapi rasa-rasanya ada kepentingan politik di luar pemahaman rakyat yang kemudian akan membawa kesimpulan akhir yang mengejutkan," ungkapnya.

Ada kesimpulan yang mengejutkan? Hemat mantan Ketua MPR itu, dalam arti harapan publik kemungkinan tidak akan tercapai. Lalu apa indikasinya? Ungkap Amien, anggota pansus yang tadinya kelihan galak jika dilihat dari lontaran pernyataan sebelumnya kini menjadi lunak.

"Nah kalau itu indikasi yang memang nantinya akan menjadi pandangan akhir fraksi-fraksi, saya khawatir kesimpulannya nanti terjadi tidak ada lagi yang berani mengangkat kepala untuk menegakan kebenaran dan keadilan.

0 komentar: