Ingin Mencoba Endorphin Massage?

11.11 by
Endorphin MassageAnda mungkin sudah sering menerapkan teknik pijat untuk bayi. Pijat bayi akan membuat bayi rileks dan membangun hubungan kasih antara bayi dan ibunya. Tetapi bagaimana dengan Endorphin Massage? Apa kegunaannya untuk ibu hamil?

Endorphin Massage kurang lebih memiliki fungsi dan praktek yang sama. Metode, yang dikembangkan oleh Constance Palinsky ini, merupakan teknik sentuhan ringan. Teknik ini dipakai untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada saat proses melahirkan. Fungsinya yang lain adalah untuk meningkatkan relaksasi dan memicu perasaan nyaman melalui permukaan kulit.

''Endorphin Massage ini dilakukan bersama suami, dan harus rutin. Cara ini bisa membantu ibu menjadi lebih tenang, damai, ikhlas, dan pasrah,'' papar Lanny Kuswandi, clinical hypnoterapist dari Pro-V Clinic.

Sentuhan ringan dalam teknik Endorphin Massage mencakup pemijatan sangat ringan. Riset telah membuktikan kalau teknik ini bisa membantu meningkatkan pelepasan hormon oksitosin yang berfungsi memfasilitasi persalinan. Anda disarankan untuk berlatih pemijatan endorfin ini dengan suami Anda selama satu bulan terakhir kehamilan.

''Proses relaksasi ini membantu menguatkan ikatan antara suami dan istri dalam mempersiapkan kelahiran,'' imbuh Lanny.

Untuk mulai menerapkan teknik ini, silakan berbaring, dan biarkan suami Anda duduk nyaman di samping Anda. Pejamkan mata Anda, lalu biarkan pasangan mengelus-elus permukaan tangan Anda, dari tangan hingga lengan bawah. Belaian ini akan sangat lembut karena hanya menggunakan jemari atau ujung-ujung jari saja. Setelah lima menit, minta pasangan untuk berpindah tangan.

Meskipun hanya dilakukan di kedua tangan Anda, Anda bisa merasakan dampaknya pada tubuh Anda yang lainnya. Teknik ini bisa dilakukan juga pada bagian tubuh lain seperti telapak tangan, leher, bahu, dan paha.

Teknik lain juga bisa Anda terapkan pada bagian punggung. Berbaringlah dengan posisi miring. Minta suami memijat ringan membentuk huruf V mulai dari leher, ke arah luar menuju sisi tulang rusuk. Terus lakukan pijatan hingga turun ke bawah dan belakang. Dengan pemijatan ini, hormon endorfin yang dihasilkan otak dan syaraf tulang belakang bisa mengurangi nyeri kontraksi saat persalinan nanti.

0 komentar: