Jane Lega Sudah Lapor Komnas HAM, Berharap Alter Bebas

18.02 by
Alterina HofanJane Deviyanti Hadipoespito merasa lega karena sudah melapor ke Komnas HAM terkait nasib suaminya, Alterina Hofan (32). Jane pun berharap Alter segera menghirup udara bebas.

"Saya sudah merasa lega sudah lapor ke Komnas HAM. Permintaan saya mohon bantuan dari Komnas Perempuan dan Komnas HAM," kata Jane di Komnas HAM, Jl Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat.

Jane adalah seorang tunarungu, pembaca bibir yang pintar, dan bisa bicara namun kurang jelas. Sehingga penjelasannya pun diterjemahkan oleh pengacaranya.

Jane mengatakan, dirinya tidak akan pernah bercerai dengan Alter meski keluarganya meminta. Jane malah berharap agar bisa kembali berkumpul dengan suami.

"Apa yang telah disatukan Tuhan tidak mungkin dipisahkan oleh manusia," ujarnya.

Alter dipenjara di LP Wanita Pondok Bambu setelah menyandang status tersangka pemalsuan identitas dan penipuan oleh orangtua Jane Deviyanti. Alter mengaku sebagai seorang laki-laki yang mengidap sindrom klineferter.

Sindrom ini disebut juga Kondisi XXY, yaitu kelebihan kromosom x. Dalam tubuh Alter mengandung dua kromosom x dan 1 kromosom y. Sehingga Alter tak punya sperma, tak punya rahim, berpenis kecil, dan memiliki kelenjar payudara. Tahun 2006 dia melakukan rekontruksi payudara (masektomi) di Kanada.

0 komentar: