Tsunami di Polenesia Prancis Rusak Perahu

06.59 by
Tsunami di Polenesia PrancisTsuami yang dipicu gempa 8,8 SR di Chili juga terjadi Polenesia Prancis. Namun demikian, tsunami di negara kepulauan di Pasifik itu tidak menyebabkan kerusakan yang besar.
Gelombang besar menghantam kepulauan Gambier pada 06.30 AM (1630 GMT).

Kepulauan Marquise di Timurlaut Polinesia dihantam serangkaian gelombang setinggi dua meter yang menghancurkan perahu pada pukul 07.00 dan 08.00 AM (1700-1800 GMT). Namun tidak ada yang terluka dalam kejadian tersebut.

Sirene berbunyi di Polenesia Prancis membangunkan warga Sabtu pagi untuk untuk mengingatkan mereka tentang gelombang yang akan datang. Komisioner tinggi di ibukota Papeete menyiagakan kepulauan tersebut pada 02.00 AM (1200 GMT).

Penerbangan oleh Tahiti Nui Air yang seharusnya tiba di Tahiti Sabtu, dialihkan ke Hawaii. Di Tahiti semua lalu lintas dilarang dalam 500 meter dari pantai.

Ribuan orang di Tahiti dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi tetapi beberapa warga menolak dievakuasi karena khawatir para penjarah.

Tsunami juga bisa setinggi dua meter di Rurutu, Australes. Pihak berwenang memperingatkan orang-orang untuk memanjat setidaknya 10 meter (33 kaki) di atas permukaan laut.

Tsunami umumnya datang dalam beberapa gelombang, dengan gelombang yang pertama biasanya bukan yang tertinggi.

Lengkung besar negara-negara Pasifik dari Selandia Baru ke Jepang terus mewaspadai terjadinya tsunami setelah gempa 8,8 SR di Chili. Mereka menyiapkan rencana darurat yang ditetapkan setelah bencana Samudra Hindia 2004.

0 komentar: