LPS: Bank Century Hanya Laku Rp 565 Miliar Jika Dijual Sekarang

17.05 by
Bank CenturyLembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai pemegang saham penuh PT Bank Century (kini Bank Mutiara) menyatakan, jika bank tersebut dijual sekarang, hanya laku Rp 565 miliar.

Nilai tersebut sesuai dengan ekuitas Bank Century pasca bailout yang memakan dana hingga Rp 6,7 triliun.

"Kalau dijual saat ini hanya Rp 565 miliar sesuai dengan nilai ekuitas di Bank Century. Namun demikian dengan semakin bertambah nilai ekuitasnya dan nantinya sesuai
dengan pasal 42 UU LPS, setelah 3 tahun dengan tambahan 2 kali 1 tahun harga bisa berubah menjadi lebih besar," ujar Kepala Eksekutif LPS Firdaus Djaelani menjawab pertanyaan Anggota Pansus di Gedung DPR-RI.

Firdaus mengatakan, upaya pengembalian aset-aset yang dibawa kabur pemegang saham lama di Bank Century akan menambah harga jual Bank Century.

"Saat ini pengembalian aset masih sedang diusahakan melalui interdep. Yakni petugas khusus yang terdiri dari Polisi, Kejaksaan, LPS, Depkeu, dan PPATK dalam mengejar aset-aset yang dibawa kabur. Jika itu kembali nilainya sangat besar dan bagi Century harganya akan lebih baik," papar Firdaus.

Senada dengan Firdaus, Ketua Dewan Komisioner LPS Rudjito optimistis nilai bailout Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun akan kembali. "Insya Allah kembali, kami sedang mengusahakan hal tersebut," tegas Rudjito.

Ia mengatakan, dalam waktu selama 5 tahun tersebut LPS selaku pemegang saham akan memperhitungkan penjualan Bank Century sehingga dana Penyertaan Modal Sementara (PMS) bisa kembali.

"Kami usahakan sampai ke situ, sehingga nilai bailout bisa kembali kepada LPS," pungkasnya.

0 komentar: