Kulit Cantik Berkat Vitamin C

18.34 by
Vitamin C Pulang dari kantor, Jasmine mematut diri di cermin. Rupanya, ucapan sahabatnya, masih tergiang-giang di telinga. “Kok tumben wajahmu kusam, biasanya wajahmu segar,” ucap Ira sahabat Jasmine.

Apakah Moms mengalami hal yang sama dengan Jasmine? Jangan khawatir dan bersedih hati, ada cara alami dan gampang merawat kulit loh! Ayo, simak resep membuat kulit sehat ala dr Eddy Karta SpKK, dokter kulit Edmo House dan dokter gizi klinis dari RS Medistra Jakarta, dr Cindiawaty Pudjiati MARS MA SpGK.

Ciri Kulit Sehat

Puas rasanya bila cantik terpancar melalui kulit yang sehat. Lalu, apa sih kulit sehat itu? Ya, saat kulit mampu menjalankan fungsinya untuk sekresi (mengeluarkan keringat, minyak, bahan produk buangan), dan absorbsi (menyerap zat-zat). Tentu saja, kulit sehat ada cirinya loh Moms, antara lain bersih, tidak ada ruam, tidak kering, tidak mengelupas, lembap, kenyal, elastis (tidak ada kerut), tidak mengilap, tidak kusam, dan tidak ada bercak kehitaman (hiperpigmentasi) atau keputihan (hipopigmentasi).

Selain itu, kulit memiliki tekstur yang halus dan permukaannya rata. Sebab, kulit itu mempunyai kadar air cukup yang menjaga kelembapannya. Dan lapisan lemak yang melindungi kulit dari kehilangan cairan, juga asam amino dan lapisan lemak yang memroteksi kulit dari kuman.

Vitamin C, Si Penangkal Radikal Bebas!

Hampir setiap hari Moms terkena radikal bebas, entah itu, asap kendaraan, asap rokok, freon, paparan sinar matahari, dan masih banyak lagi. Efeknya, membuat kulit rusak.

Nah, cara ampuh melawan radikal bebas ialah mengasup antioksidan. Mengapa antioksidan? Karena antioksidan berperan melindungi protein atau asam amino penyusun kolagen (komponen utama lapisan kulit dermis) dan elastin (protein pada kulit dan jaringan tubuh).

Salah satu antioksidan adalah vitamin C. Selain mencegah gusi berdarah, meningkatkan pembuangan feses, membantu penyerapan zat besi, vitamin C juga sebagai antioksidan.

Antioksidan dalam vitamin C ini berfungsi memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak. Selain itu, vitamin ini bersifat menyimpan air (water holder) yang menjaga kelembaban kulit dan mencegah kekeringan, serta melancarkan peredaran darah agar kulit terlihat segar.

Sudah tahu manfaat vitamin C, kini giliran Moms mengasup vitamin C. Lalu, berapa takarannya? Moms cukup mengonsumsi vitamin C sebanyak 90 mg per hari.

0 komentar: